Life, Love and Laugh

Kasus Haki Grup Trio

Nama Trio Macan jadi rebutan oleh personel mereka. Lia, yang tidak berhasil mendapatkan nama tersebut tetap eksis dengan nama Tiga Macan.

Kisah berawal dari hengkangnya Dian dan Ifa. Beberapa saat nama Trio Macan pun seperti hanyut, setelah sebelumnya melejit dengan hits ‘SMS’. Lia, satu-satunya personel yang tersisa kemudian mengajak Ayu dan Yeni untuk kembali menghidupkan trio dangdut tersebut. Mereka kemudian membeli lagu karya Ahmad Dhani.

Setelah membawakan lagu ‘Makhluk Tuhan Paling Sexy’, Dian dan Ifa muncul kembali untuk bergabung dengan Trio Macan. Hal tersebut telah diklaim oleh Lia. Sayangnya hal tersebut sudah tidak mungkin lagi. Ternyata Dian dan Ifa punya cara lain. Hak paten nama Trio Macan ada pada ProAktif, manajemen mereka sebelum bergabung dengan Glow Management. Lia putus kontrak dengan ProAktif pada 2008.

Lia cs pun akhirnya mengambil langkah cepat. Mereka kini menyandang nama Tiga Macan dan tetap menjalankan kegiatan mereka seperti biasa.

“Yang memberi nama Trio Macan tuh aku tahun 2004 bersama Nita dan Ifa. Kalau ternyata nama itu sudah berada di tangan orang lain, itu karena sudah hitam di atas putih. Itulah kebodohan aku kenapa dulu nggak aku duluan mematenkan itu,” ujar Lia kepada wartawan, Senin (29/6/2010) malam.

Lia menyayangkan nama Trio Macan jatuh ke orang lain. Namun apa boleh buat. Perempuan yang berlaga di film ‘Hantu Puncak Datang Bulan’ itu pun hanya bisa ikhlas.

“Nama Trio Macan itu kita yang membesarkan. Tapi pihak lain yang memetik hasilnya. Tapi kita ikhlas aja,” jelas Lia

Kasus haki yang dialami oleh grup trio dangdut ini memang merupakan karena kelalaian. Lia seorang personil pendiri trio macan yang juga merupakan pemberi nama trio macan ini pun tidak dapat berkutik dan berkomentar banyak setelah diketahui bahwa nama trio macan sudah didaftarkan oleh orang lain, yaitu oleh manajemen lamanya. Walaupun Lia sebagai pemberi nama, namun hal ini tidak dapat mempunyai cukup kekuatan untuk menggugat hitam di atas putih yang sudah didaftarkan oleh manajemen sebelumnya. Hal ini murni kelalaian, karena saat grup trio ini seakan hilang, Lia sebagai pendiri mencoba membangkitkan trio macan dengan personil baru. Dan terus membawa nama trio macan. Nama trio macan tetap melambung, namun diakui dan didaftarkan nama itu oleh pihak yang sudah tidak akfif pada trio macan atau bisa disebut oleh mantan personil trio macan. Permasalahan haki dalam hal ini mungkin memang murni kelalaian karena tidak mendaftarkan nama grup trio tersebut menjadi hak paten grup trionya. Dan hal ini mengakibatkan, grup trio ini harus mengganti nama grupnya dengan yang baru walaupun nama sebelumnya sudah terkenal. Inilah kekuatan hukum pada haki nama sebuah grup trio dangdut yang terjadi di Indonesia, bahwa bila sudah diakui sebagai haki oleh seorang pihak maka hanya pihak tersebut yang mempunyai hak kekayaan intelektual tersebut.

http://us.music.detikhot.com/read/2010/06/29/114332/1389472/228/sengketa-nama-trio-macan-munculkan-tiga-macan

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: