Life, Love and Laugh

Saluang


        Saluang adalah alat musik tiup yang berfungsi mengiringi dendang tradisional Minangkabau dalam tradisi saluang dendang.

Kegembiraan, kesedihan dan kerinduan hati masyarakat dapat diungkapkan melalui pantun saluang dendang.

DEwasa ini, alat tiup saluang ada yang dilaras sesuai tuntutan komposisi musik kreasi baru dan musik popular, karena sudah memasyarakatnya kehidupan tradisi musik saluang dendang, maka kesenian ini tidak khawatir terhadap inovasi.

Sebelum menjadi peniup saluang, sebaiknya belajar menjadi pedendang. Untuk mempelajari saluang harus ulet dan jangan setengah-setengah dalam mempelajarinya.

Dan terdapat kisah dari seorang peniup saluang seperti demikian,

Terdapat seorang anak perempuan dilarang berhubungan dengan peniup saluang oleh ibunya. Namun, cinta mereka sudah di tengah jalan, jika tidak sampai ke pelaminan, pemuda akan malu terhadap masyarakat. Dan rusuhlah hati pemuda itu. Cinta dua sejoli ini dipisahkan oleh pihak ketiga. Si perempuan pun menangisi keadaannya. Ketidakberdayaan pemuda untuk meminang kekeasihnya, namun masih ada harapan. Dan si pemuda merantau mencari penghidupan dikotadengan harapan dapat kembali dan meminang perempuan yang dicintainya.

Dari kisah seorang peniup saluang terdapat beberapa nilai kehidupan.

Nilai kebudayaan dan kesenian dari seorang peniup saluang yang disenandungkan kepada kekasihnya. Dan pemuda ini mencari penghidupan dengan keahliannya dalam meniup saluang.

Nilai sosial yang tercermin dari status social dari pemuda peniup sluang ini menjadi masalah dari kehidupan cintanya dengan kekasih, karena orangtua dari perempuan yang ingin anaknya menikah dengan orang yang dapat menghidupi anaknya.

Nilai cinta dan pengharpan apat dilihat dari pemuda yang berusaha mencari penghidupan dikota, agar saat dia kembali dapat diterima oleh keluarga perempuan dan menikahinya.

 Nilai kebebasan dalam hidup dibatasi oleh ibu perempuan dengan melarang menikahi pemuda peniup saluang tersebut. Namun, ibu perempuan ini memikirkan untuk kehidupan masa depan dari anaknya supaya dapat hidup berkecukupan dengan suaminya kelak.

Nilai perkembangan pada kesenian saluang dapat terlihat dari penjelasan kesenian saluang. Kesenian saluang dapat menerima kreasi baru dan tidak khawatir untuk melakukan inovasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: