Life, Love and Laugh

Yunani dan Krisisnya

Yunani adalah sebuah negara kecil di Zona Euro yang berpenduduk sekitar 11 juta jiwa, dengan pendapatan perkapita sekitar $22.000 AS. Dalam literatur-literatur sejarah kita mengenal Yunani sebagai sebuah negeri eksotis yang penuh dengan peradaban, sejak 2200 SM bangsa Minos di Yunani telah mengembangkan berbagai peradaban dalam bentuk tulisan maupun seni dalam rancang bagunan dan sejak 1550 SM bangsa Mycena telah mengembangkan kebudayaan Aegean yang telah mengenal perdagangan antar bangsa, dari perkembagan ini Yunani kuno telah menjelma menjadi sebuah peradaban yang diakui semua peradaban sepanjang zaman.

Krisis Yunani kian menghawatirkan. Negara itu terancam mengalami gagal bayar. Ini karena situasi negaranya yang semakin kacau dan pemerintah negara itu kesulitan menekan defisit anggaran yang kian menghawatirkan. Negara yang sebelumnya dikenal sebagai pencetak filsuf ternama sepanjang masa ini harus mengalami kehancuran. Utang negara semakin bertambah dan terus merangkak naik mencapai 330 miliar euro (sekitar Rp2.838 triliun).

Berbagai cara terus dilakukan untuk menyelamatkan negara itu dari krisis berkepanjangan seperti yang dilakukann International Monetary Fund (IMF) dan Uni Eropa senilai USD110 miliar. Namun kenyataan berkata lain bantuan ini diperkirakan tidak mampu menolong perekonomianYunani yang kian terpuruk.

Sejauh ini default atas utang Yunani dikhawatirkan bisa memicu masalah perekonomian di kawasan Eropa. Apalagi berkembang pemikiran baru, krisis Yunani dikhawatirkan akan menimbulkan efek domino yang bisa mengguncang sistem keuangan global seperti krisis 2008.

Lebih-lebih telah diketahui bersama, upaya perbaikan perekonomian Eropa makin diperparah dengan diturunkannya peringkat utang Yunani oleh Standard and Poor’s (S&P) dari B menjadi CCC sehingga berpotensi gagal bayar pada 14 Juni lalu. Level kredit CCC hanya empat notch di atas level terendah berdasarkan pengukuran lembaga pemeringkat yang berbasis di Amerika Serikat itu

Krisis yang terjadi di Yunani ini menimbulkan kekhawatiran untuk mata uang euro. Default utang Yunani ataupun negara euro lainnya akan memengaruhi ekonomi dunia yang juga bisa mengganggu sektor perbankan dan memicu kepanikan investor. Dalam jangka pendek ke depan ini, masih harus ditunggu hasil kebijakan PemerintahYunani.

 

Dampak krisis ekonomi Yunani telah merebak ke mana-mana. Walaupun secara geografis Yunani berada jauh dariIndonesia, masalah yang menimpa negara itu harus dimonitor pemerintah, pelaku usaha, dan perbankanIndonesia.

RakyatYunani melakukan perlawanan, demonstrasi dan pemogokan nasional yang berulang-ulang di Yunani untuk saat ini belum bisa menghasilkan perubahan yang mendasar bagi rakyatnya. Tanpa hasil nyata bagi rakyat, maka perjuangan yang terus menerus akan dapat mencapai titik baliknya.. Hal ini harus segera diatasi. Yang pasti harus dilakukan adalah pemerintah Yunani harus memutar otak sedemikian kerasnya dan berusaha berjuang bersama aspirasi rakyat.

Yunani memang hanya Negara kecil di zona Euro, namun dampak yang diberikan tidak sekecil luas dari Negara tersebut. Dampak dari krisis Yunani begitu terasa, yang terdekat adalah zona Euro. Hal ini tidak boleh dibiarkan saja, karena bias berdampak lebih drastis lagi kelak. Dalam jangka pendek ke depan ini, masih harus ditunggu hasil kebijakan PemerintahYunani. Pemerintah Yunani pun harus meretas segala akar permasalahan sehingga dapat meredam krisis tersebut.

Dan keputusan pemerintah untuk tidak menambah utang cukup bagus untuk memperkuat pondasi ekonomi. Tidak hanya baik bagi Negara yang sedang mengalami krisis tetapi juga negara-negara yang sedang berkembang.

Pada kompas tanggal 12 mei 2010 dan Riau Pos tanggal 13 Mei 2010, EU juga akan menambah dana bantuan untuk Yunani sebesar 1 triliun Euro untuk memulihkan prekonomian Yunani dan negara-negara sekitarnya yang terancam bangkrut*5.Nilai bantuan ini sangat besar manfaatnya bagi Yunani, dan juga dapat menenangkan para investor asing yang akan menanamkan sahamnya di Yunani sehingga diharapkan krisis perekonomian di EU dapat pulih secepatnya. Selagi pemerintah Yunani berusaha keras untuk meredam krisis, bantuan pun merupakan salah satu cara yang dapat membuat pemerintah Yunani cukup dapat menghela nafas sejenak.

Dari krisis Yunani ini, dapat terlihat nilai-nilai yang mungkin jauh dari nilai ekonomi. Negara-negara sekitar tak mungkin hanya tinggal diam melihat krisis berkepanjangan pada suatu negara. Dari sinilah dapat terlihat betapa pentingnya persatuan negara-negara. Namun, dengan ada bantuan di saat krisis atau keadaan mendesak laiinya, kita tidak dapat menganggap remeh seberapa kecil suatu masalah. Seperti hal yang terjadi di Yunani, krisis tersebut terjadi dari hal yang terkecil dan terjadi berkelanjutan. Maka dari itu, inilah aspek pembelajaran bahwa sesuatu yang kecil pun dapat memberi dampak yang besar.

Sumber :

http://www.rakyatpekerja.org/2011/07/krisis-yunani-rakyat-punya-kekuasaan.html

http://www.inilah.com/read/detail/1642882/kepanikan-efek-krisis-yunani

http://diplomatmudahiuinsyarifhidayatullah.blogspot.com/2010/11/krisis-keuangan-yunani-penyebab-dan.html

 

 

 

Advertisements

Comments on: "Yunani dan Krisisnya" (1)

  1. Bagus Nic, Anda sudah menyertakan sumber kutipannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: