Life, Love and Laugh

Saat sekarang ini adalah saat-saat dimana pekerjaan menjadi sangat penting, karena sekarang ini sulit untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan. Baik itu dari lulusan sarjana sekalipun. Apalagi jika hanya asal sarjana saja, hal ini akan semakin menyulitkan untuk mendapatkan pekerjaan. Dan bila upaya dari pendidikan sudah dilakukan untuk bersaing di dunia karir, namun tidak cukup kuat untuk bersaing, tentu saja itu bukanlah akhir dari karir. Upaya lainnya dapat dilakukan seperti berwirausaha.

Wirausaha dapat dalam berbagai macam bidang. Wirausaha yang akan dilakukan tentu saja harus berkaitan dengan kemampuan atau paling tidak memiliki pengalaman dalam bidang wirausaha tersebut. Jika kedua hal tersbut pun tidak dimiliki, memulai sesuatu yang baru pun tidak ada salahnya untuk dicoba. Tentunya dengan referensi atau berkonsultasi dengan wirausahawan yang sudah memulai terlebih dahulu. Berwirausaha tidak kalah sulitnya dengan mencari pekerjaan, akan tetapi kesulitannya akan dirasakan pada saat wirausaha itu baru mulai dijalankan, karena pada suatu awal wirausaha tersebut dijalankan, diperlukanlah motivasi dan semangat  yang tinggi. Di tahap inilah kekuatan motivasi dan semangat kita diuji, sampai dimanakah pelaku wirausaha tersebut dapat bertahan. Maka dari itu, sangat diperlukanlah mental yang kuat, rasa pantang menyerah dan rasa optimis terhadap wirausaha yang sedang dijalankannya tersebut. Dan ketika pelaku wirausaha tersebut dapat bertahan, walaupun usahanya tersebut tidak berjalan dengan maksimal, paling tidak pelaku wirausaha tersebut akan mendapatkan pengalaman yang cukup berarti untuk ke depannya dalam menjalankan wirausahanya tersebut.

Melihat keadaan yang serba sulit saat ini, berwirausaha merupakan salah satu pilihan yang baik untuk dilakukan dan tentu saja jika wirausaha tersebut dimulai dengan baik juga.

Leave a comment