Life, Love and Laugh

Manusia mempunyai kebutuhan yang tak terbatas namun sumber daya yang ada terbatas. Pada hal ini saya akan membahas bagaimana bila sumber daya modal yang terbatas. Tentunya kita sebagai manusia harus bias membatasi kebutuhan yang ada. Dari sedemikian banyak kebutuhan, kita harus memilih kebutuhan mana yang menjadi prioritas dan kebutuhan yang tidak begitu mendesak dapat kita tunda. Hal ini memang bukanlah suatu hal yang mudah dimana manusia tidak akan merasa puas disaat kebutuhannya belum terpenuhi.

Suatu pemikiran yang mungkin dapat menjadi acuan yaitu, bukan karena tidak dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang ada, tetapi belum dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Prioritaskanlah untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak atau kebutuhan yang akan memberi manfaat lebih daripada kebutuhan yang lainnya. Kita pun harus memikirkan bagaimana posisi keuangan pribadi. Dengan posisi keuangan yang ada, kebutuhan yang manakah yang dapat dipenuhi dan dapat memberi manfaat dalam waktu terdekat. Hal ini memberi dampak yang baik dimana kita harus bersabar dan menahan diri untuk kebutuhan yang ada. Dan mendahulukan sesuatu yang lebih utama memang harus dijadikan prinsip kehidupan bukan hanya prinsip dalam memenuhi kebutuhan.

    Hidup juga merupakan sebuah pilihan, dimana kebutuhan pun menjadi pilihan yang cukup berat apabila posisi keuangan tidak mendukung. Di saat itulah kita harus memprioritaskan kebutuhan dan tidak semua kebutuhan tersebut harus dipenuhi, karena kita harus menilai apa yang benar-benar kita perlukan. Dalam hal ini, sifat hemat penting sekali untuk diterapkan, karena dengan berhemat kita bisa mengontrol keuangan dan bisa menilai kebutuhan yang menjadi prioritas dan kebutuhan yang biasa-biasa saja. Cara berfikir dan cara memandang suatu hal pun sangat penting, karena cara memandang ato berfikir yang salah akan membuat pemikiran yang salah juga mengenai kebutuhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: